Tuesday, July 7, 2009

Cerita: 浦島太郎 [うらしまたろう]

昔、ある所に浦島太郎ろいう若い男がいました。
Dahulu kala, disuatu negeri ada seorang pemuda bernama Urashima Tarou.

ある日太郎は子供たちにいじめられているかめを助けてやりました。
Suatu hari, Tarou menolong seekor kura-kura yang diganggu oleh anak-anak.

かめは『助けていただいて、ありがとうございました』と言って、太郎を海の中のお城へ連れて行ってくれました。
Kura-kura itu berterimakasih atas pertolongan Tarou dan membawanya ke negeri bawah laut.

そこにはとてもきれいで、優しいお姫佐奈がいました。
Tempat itu sangat indah, dan disana ada seorang ratu yang baik hati.

太郎は毎日楽しく暮らしていましたが、うちへ帰りたくなりました。
Tarou hidup dengan senang disana, tetapi dia ingin pulang ke rumah.

帰るとき、お姫様はお土産に箱をくれました。
Ketika akan pulang, sang ratu memberikan sebuah kotak sebagai oleh-oleh.

でも、絶対に箱を開けてはいけないと言いました。
Tetapi, dia mengatakan agar kotak itu jangan dibuka.

太郎は陸へ帰りましたが、どこにもうちはありませんでした。
Tarou pulang ke daratan, tetapi dimana-mana rumahnya tidak ada.

道で会った人が300年ぐらい前に浦島太郎のうちがあったと教えてくれました。
Orang yang bertemu dijalan memberitahukan rumah Tarou yang ada 300 tahun yang lalu.

太郎は悲しくなって、お土産の箱を開けました。
Tarou jadi sedih, dan dia membuka kotak oleh-oleh itu.

すると、中から白い煙が出て、太郎は髪が真っ白なおじいさんになりました。
Kemudian, dari dalam keluarlah asap putih, Tarou berubah menjadi kakek-kakek dengan rambut yang memutih.

No comments:

Post a Comment